MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF
1. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning)
Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran
yang mengkaitkan materi pengetahuan dengan kehidupan nyata. Pembelajaran kontekstual berorientasi pada pengaktifan siswa untuk mengembangkan
pengalaman yang telah diketahui siswa sebelumnya, sehingga guru berada pada
posisi sebagai fasilitator belajar. Langkah langkah pembelajaran kontekstual adalah:
a)
Konstruktivisme
b)
Menemukan (inkuiri)
c)
Bertanya
d)
Masyarakat Belajar
e)
Pemodelan
f)
Refleksi
g)
Penilaian Sebenarnya
2. Problem Based Learning (PBL)
Problem Based learning adalah pembelajaran
yang menghadapkan siswa pada masalah yang terjadi dalam dunia nyata dengan pemecahan masalah secara
berkelompok. Langkah langkah pembelajaran PBL adalah:
a)
Orientasi siswa pada masalah (mengenalkan
masalah)
b)
Pengorganisasian siswa menjadi kelompok
diskusi
c)
Penyelidikan masalah
d)
Pengembangan dan presentasi penyelidikan
e)
Evaluasi dan formula pemecahan masalah
3. Cooperative Learning
Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran
yang memposisikan siswa dalam kelompok kecil yang sifatnya heterogen untuk
saling membantu dan bekerja sama sehingga tercapai penguasaan materi secara
maksimal. Beberapa bentuk model pembelajaran kooperatif antara lain:
a) Team Assesment Individualization (TAI)
Langkah langkah pembelajaran yang dilakukan adalah:
1) Guru memberikan pre tes kepada siswa secara individual
2) Guru membagi setiap kelompok terdiri dari 4-5 anak secara heterogen
3) Setiap kelompok diberi tugas pembahasan berbeda- beda
4) Masing- masing siswa dalam setiap kelompok harus bisa memahami materi
kelompok yang telah disepakati.
5) Siswa melakukan Tanya jawab untuk memastikan semua siswa dalam setiap
kelompok sudah memahami tugas individu yang telah disepakati
6) Setiap kelompok memastikan semua siswa menguasai tugas
7) Setiap kelompok mengerjakan tugas melalui diskusi kelompok
8) Kelompok yang memperoleh hasil terbaik memperoleh penghargaan
9) Guru mengulas materi yang telah dipelajari
10) Siswa mengerjakan soal secara individual
b) Student Teams-Achievment Division (STAD)
Langkah-langkah pelaksanaan:
1) Siswa dibagi menjadi kelompok beranggotakan empat orang yang beragam kemampuan
jenis kelamin dan sukunya.
2) Guru menyampaikan pelajaran.
3) Guru memberikan tugas kelompok
4) Siswa-siswa di dalam kelompok itu memastikan bahwa semua anggota
kelompok itu bisa menguasai pelajaran
5) Semua siswa menjalani kuis perseorangan tentang materi tersebut.mereka
tidak dapat membantu satu sama lain.
6) Nilai-nilai hasil kuis siswa diperbandingkan dengan nilai rata-rata
mereka sendiri yang sebelumnya.
7) Nilai-nilai masing- masing anak pada tiap kelompok dijumlah untuk
mendapatkan nilai rata- rata kelompok.
8) Kelompok yang bisa mencapai kriteria tertentu bisa mendapatkan
sertifikat atau hadiah-hadiah lainnya.
9) Refleksi dan kesimpulan
c) Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT)
Langkah-langkah pelaksanaan:
1) Pengaturan klasikal, belajar kelompok, turnamen akademik, penghargaan
tim dan pemindahan atau bumping.
2) Pembelajaran diawali dengan memberikan pelajaran.
3) Kegiatan dalam turnamen adalah persaingan pada meja turnamen dari 3-4
siswa dari tim yang berbeda dengan kemampuan yang setara.
4) Pada akhir putaran pemenang mendapat satu kartu bernomor. Penskoran
didasarkan pada perolehan kartu.
5) Dengan model yang mengutamakan kerja kelompok dan kemampuan menyatukan
intelegensi siswa yang berbeda-beda akan dapat membuat siswa mempunyai nilai
dalam segi kognitif, afektif dan psikomotor secara merata satu siswa dengan
siswa lain.
d) Group Investigation (GI)
Langkah-langkah pelaksanaan:
1) Mengidentifikasi topik dan mengatur murid dalam kelompok.
2) Setiap kelompok diberi tugas penyelidikan berbeda beda
3) Setiap kelompok melaksanakan investigasi.
4) Kelompok menyiapkan laporan akhir.
5) Masing- masing kelompok mempresentasikan laporan akhir.
6) Evaluasi.
7) Kesimpulan
e) Example non Example
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Guru menghadirkan media gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
2)
Semua
siswa mengamati gambar yang disampaikan
3)
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok (masing masing kelompok 2-3 anak)
4)
Siswa secara berkelompok menganalisis/ mendiskrisikan.
5)
Presentasi
hasil analisis kelompok
6)
Penjelasan
materi
7)
Kesimpulan
f) Picture and Picture
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2)
Guru
menghadirkan media gambar sebagai pengantar materi
3)
Siswa
diberi kesempatan untuk mendeskripsikan gambar yang masih acak
4)
Siswa
diberi kesempatan maju untuk mengurutkan gambar
5)
Tanya jawab urutan gambar secara logis
6)
Guru
menjelaskan materi dari konsep yang dimiliki siswa
7)
Refleksi
dan kesimpulan
g) Number Head Together (NHT)
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Kelas
dikondisikan menjadi beberapa kelompok besar (4,5 atau 6 kelompok)
2)
Setiap
anggota kelompok diberi nomor berbeda (1,2,3,4,5,6)
3)
Setiap
kelompok berdiskusi dan bekerjasama dalam menyelesaikan soal
4)
Setiap kelompok memastikan semua siswa menguasai
materi
5)
Guru
memanggil satu anak dari setiap kelompok (misal kelompok 1 nomor
1) untuk menjelaskan materi/ jawaban yang telah dikuaisai
6)
Secara
bergantian, guru menunjuk siswa dari kelompok lain (anggota kelompok 2 nomor 2)
untuk menanggapi atau menjelaskan materi berikutnya
7)
Kesimpulan
h) Cooperative Script
Langkah – langkah pembelajaran:
1)
Siswa
dikondisikan secara berpasangan (siswa A dan Siswa B)
2)
Setiap
pasangan diberi kajian materi/ wacana dan lembar kerjasama
3)
Siswa
pertama (A) bertugas membaca/ menyampaikan,
siswa kedua (B) menyimak hasil ringkasan siswa A
4)
Kemudian bergantian
siswa B menyampaikan, siswa A
menyimak
5)
Semua
siswa menyimpulkan hasil pada lembar kerjasama (siswa
A terlebih dahulu, kemudian siswa B)
6)
Kesimpulan
i)
Jigsaw (Tim Ahli)
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Kelas
dibagi menjadi kelompok utama tim (setiap kelompok terdiri 4 siswa)
2)
Setiap
anggota kelompok ditunjuk sebagai delegasi tim ahli
3)
Siswa
yang memiliki tugas sama pada tiap kelompok mengelompok menjadi tim ahli
melakukan pembahasan. (perwakilan tersebut sebagai tim ahli ditatar)
4)
Tim
ahli berdiskusi dan melakukan pembahasan (penataran)
5)
Tim
ahli kembali ke kelompok utama untuk menyampaikan (tim yang ditatar kembali ke
kelompok utama memberikn penjelasan dari hasil penataran)
6)
Presentsi
perwakilan tim ahli
7)
Kesimpulan
j) Problem Based Intruction (PBI)
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
2)
Guru
membagi kelas menjadi beberapa kelompok
3)
Setiap kelompok melakukan percobaan/ pemecahan masalah
4)
Kelompok
melakukan pengumpulan data,hipotesis dan analisis.
5)
Presentasi
6)
Kesimpulan
dan evaluasi
k) Artikulasi
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Guru
menjelaskan materi
2)
Setelah
penjelasan materi, siswa dikelompokkan berpasangan.(dua siswa)
3)
Siswa
A menyampaikan penjelasan dari guru kepada
siswa B, sedangkan siswa B mendengarkan dan mencatat penyampian siswa A
4)
Secara
bergantian selanjutnya siswa B menjelaskan, siswa A menyimak dan memberikan catatan siswa B
5)
Guru
merefleksikan kembali agar tidak terjadi salah penangkapan
6)
Guru menunjuk pasangan secara acak untuk
menyampaikan catatan dari setiap siswa (siswa A menyampaikan catatan dari siswa
B, begitu sebaliknya)
7)
Guru mengulangi kembali materi sebagai refkelsi
8)
Kesimpulan
l)
Mind Mapping
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Guru
menyampaikan konsep materi
2)
Guru memberikan permasalahan yang
membutuhkan multi jawaban
3)
Siswa
dikelompokkan menjadi kelompok kecil ( 2,3 anak)
4)
Tiap
kelompok menginventarisir jawaban dari diskusi kelompok
5)
Perwakilan
kelompok presentasi
6)
Guru
mencatat hasil presentasi kelompok dalam bentuk bagan/ peta konsep
7)
Siswa membuat kesimpulan dari peta konsep
yang ditulis guru
8)
Soal
konfirmasi berupa soal rebutan tiap kelompok
9)
Kemipulan
m) Make A Match
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Guru
mengadirkan media gambar untuk semua siswa
2)
Guru menyiapkan kartu kartu soal jawaban
(sebagain adalah kartu soal, sedangkan sebagian lagi adalah kartu jawaban)
3)
Siswa
mengambil kartu tapi tidak diperlihatkan sebelumnya kepada teman
4)
Ketika
kartu dibuka, siswa berusahaa mencari teman yang memiliki kesamaan
5)
Siswa
yang sudah menemukan pasangan, diberi kredit point
6)
Kartu
diacak kembali, kemudian siswa memulai mencari pasangan
7)
Begitu
seterusnya sampai beberapa kali dengan syarat setiap siswa tidak boleh
memperoleh kartu soal/ kartu jawaban yang sama
8)
Refleksi dan kesimpulan
n) Think Pair Share (TPS)
Langkah- langkah pembelajaran:
1)
Guru
memberikan umpan mteri
2)
Guru memancing dengan pertanyaan tentang
permasalahan dari materi
3)
Siswa diminta berpasangan dengan teman
sebelah (2 orang)
4)
Setiap anak mengutarakan ide dengan pasangan
secara bergantian
5)
Guru membentuk kelompok diskusi panel (4
orang dari 2 pasang kelompok) untuk mendiskusikan permasalahan
6)
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusi
7)
Siswa
kembali berada pada pasangan teman sebelah
8)
Guru
memberikan umpan pendalaman materi
9)
Semua
pasangan memberikan kesimpulan
10)
Kesimpulan
o) Debate
Langkah- langkah pembelajaran:
1) Guru membagi 2 kelompok debat yang satu pro dan yang satu kontra
2) Guru membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok
3) Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk untuk menyampaikan
gagasan, kemudian ditanggapi kelompok kontra.
4) Guru menunjuk siswa lain dari kelompok pro dan ditanggapi kelompok
kontra, begitu seterusnya sampai semua siswa menyampaikan gagasan
5) Saat setiap anak menyampaikan gagasan, guru mencatat ide siswa
6) Guru menambah ide yang belum terungkap
7) Siswa diajak untuk membuat kesimpulan materi dari hasil debat dan
kesimpulan guru.
p) Role Playing
Lanngkah- langkah pembelajaran:
1)
Guru
menyusun skenario
2)
Siswa
memahami skenario yang akan dilakukan 2-3 hari sebelum PBM
3)
Siswa
dikondisikan menjadi kelompok peragaan (setiap kelompok 5 anak)
4)
Setiap
kelompok maju melakukan peran yang dijelaskan pada skenario
5)
Setiap
ada kelompok yang maju, kelompok yang lain mengevaluasi
6)
Masing- masing kelompok menyampaikan hasil
kesimpulan evaluasi
7)
Guru memberikan tanggapan umum
8)
Kesimpulan
dan evaluasi
q) Scramble
Langkah- langkah pembelajaran;
1)
Guru
menyusun teka teki acak kata
2)
Siswa
diberi kesempatan untuk memilih kelompok secara berebut satu kelompok
berjumlah 4 anak, jika sudah penuh,
siswa mencari lagi kelompok yang kurang
3)
Guru
membagi soal teka teki acak
4)
Siswa
menemukan jawaban dengan menyusun kata yang masih acak
5)
Setiap
kelompok melakukan presentasi
6)
Guru
menjelaskan materi
7)
Tanya
jawab antar kelompok
r) Talking Stick
1) Guru menyampaikan materi
2) Siswa diberi kesempatan untuk membaca dan mempelajari materi
3) Siswa menutup buku materi
4) Guru menyiapkan tongkat, diberikan kepada teman kepada siswa
5) Siswa yang menerima tongkat menjawab pertanyaan dari guru,siswa yang
bisa menjawab pertanyaan guru, menyerahkan tongkat kepada siswa lain.
6) Siswa yang memperoleh tongkat menjawab pertanyaan guru, begitu
seterusnya
7) Setelah semua memperoleh tongkat dan menjawab pertanyaan, guru
memberikan kesimpulan materi
s) Snowball Throwing
Langkah- langkah pembelajaran:
1) Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2) Guru membentuk kelompok dan
memanggil ketua kelompok untuk memberikan penjelasan materi kepada ketua
kelompok
3) Ketua kelompok menjelaskan materi kepada anggota kelompoknya
4) Masing masing siswa mengambil kertas dan menuliskan pertanyaan apa saja
tentang materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5) Kertas pertanyaan dari setiap siswa dibentuk sebuah bola dan dilempar
dari satu siswa ke siswa lain
6) Siswa yang mendapat bola pertanyaan, menulis pertanyaan dalam lembar
jawaban sehingga setiap siswa memperoleh 10 pertanyaan
7) Siswa menjawab pertanyaan di lembar jawaban
8) Siswa mengumpulkan jawaban
9) Refleksi dan kesimpulan
t) Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Langkah- langkah pembelajaran:
1) Guru membentuk kelompok heterogen ( satu kelompok 4 siswa)
2) Guru memberikan wacana/ kliping sesuai dengan topic pembelajaran
3) Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan
memberikan tanggapan terhadap wacana
4) Wacana yang ada dalam kelompok ditulis dalam kertas
5) Setiap kelompok mempresentasikan hasil wacana kelompok
6) Siswa yang lain menanggapi
7) Kesimpulan
u) Inside – Outside- Cycle
Langkah- langkah pembelajaran:
1) Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2) Separuh kelas lain membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama,
menghadap ke dalam
3) Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi
informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan dilakukan oleh semua
pasangan dalam waktu bersamaan
4) Kemudian siswa lingkaran kecil diam ditempat, sementara siswa yang
berada lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam
5) Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar berbagi informasi.
Demikain seterusnya.
6) Guru memposisikan semua lingkaran kecil dan besar untuk duduk
7) Guru berada di tengah tengah lingkaran menarik kesimpulan
4. Lesson Study
Lesson study adalah pembelajaran kolaborasi
dengan guru lain/ teman sejawat untuk memperoleh informasi penilaian dan
evaluasi proses pembelajaran. Langkah- langkah:
1) Persiapan dengan koordinasi antar guru model dan observer
2) Guru model melakukan PBM
3) Pembagaian tugas pengamatan melalui lembar pengamatan:
pengamat A mengamati keaktifan siswa, pengamat B mengamati
kemampuan mengajar guru model, sedangkan pengamat C mengamati keseluruhan
4) Masing- masing pengamat mencatat pengamatan pembelajaran
5) Hasil pengamatan dikolaborasikan untuk memberi refleksi kekurangan PBM
6) Dari hasil observasi tersebut, diperoleh perbaikan untuk PBM selanjutnya
5. Sains Technology Social (STS)/ STM
Sains Technology Sosial adalah pembelajaran
yang memadukan materi dengan teknologi yang dapat diakses/ ada dan digunakan
dalam masyarakat. Langkah- langkah pembelajarn STS/ STM adalah:
1) Apersespsi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan materi secara garis
besar
2) Inisiasi
Guru memberikan permasalahan yang dibahas kelompok
3) Invitasi (eksplorasi)
Kelompok mencari referensi dan pemecahan masalah
4) Konsep
Presentasi hasil diskusi kelompok dan kesimpulan konsep materi
5) Aplikasi
Siswa diberi tugas untuk menerapkan konsep tersebut dalam kehidupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar