Rabu, 16 Maret 2011

MATERI GLOBALISASI (SIKLUS III)

JLAMPRANG
1) kebudayaan di lingkungan sekitar harus dilestarikan dengan sebaik- baiknya karena apabila kebudayaan warisan nenek moyang tidak kita jaga dan lestarikan dengan baik di era globalisasi seperti saat ini, sangat mudah untuk diakui oleh negara lain. Contoh: Batik, Keris dll
2) Cara menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia antara lain dengan menampilkan budaya kita pada festival budaya atau pagelaran kesenian baik di sekolah maupun di lingkungan masayarakat.
3) Cara menyikapi pengaruh globalisasi di sekolah adalah dengan melestarikan permainan tradisional maupun lagu daerah. Disamping itu kita sebagai pelajar harus aktif mempelajari kebudayaan nasional yang belum kita ketahui. warga asing saja mau mempelajari kebudayaan Indonesia, seharusnya kita malu apabila tidak bisa.
3) Cara melestarikan kebudayaan di era globalisasi di lingkungan masyarakat adalah dengan menaati norma peraturan lingkungan. Apabila kita meniru gaya dari negara lain yang tidak sesuai dengan norma agama, kesopanan dan susila maka kita akan dianggap sampah masyarakat, kemudian kita akan dikucilkan . Contoh: apabila kita meniru menyemir rambut, kita akan dianggap sebagai anak nakal dan akhirnya tidak ada yang mau lagi berteman dengan kita.
4) Contoh menjaga sikap di era globalisasi di lingkungan keluarga adalah dengan menonton tayangan televisi yang baik, mengerti waktu saat waktu beribadah dan tidak menghabiskan uang jajan untuk bermain play station.
5) Kita harus bangga dengan budaya kita karena kebudayaan nasional Indonesia sangat dikagumi negara lain. Contohnya Presiden Amerika serikat Barrack Obama saja sangat menyukai bakso dan martabak khas Indonesia.
6) Mulai saat ini kita harus mampu menjaga budaya kita, jangan sampai budaya kita hilang akibat kalah dengan budaya negara lain yang masuk ke Indonesia.

SOAL DISKUSI KELOMPOK

1) Apa yang akan terjadi jika kita tidak mau menjaga dan melestarikan kebudayaan Nasional?
2) Bagaimana cara menjaga dan melestarikan kebudayaan di era globalisasi saat ini?
3) Sebutkan 5 teknologi yang dapat menjadi media untuk memperkenalkan kebudayaan kita kepada negara lain!
4) Sebutkan 3 perbuatan yang berasal dari negara lain yang tidak sesuai dengan norma agama!
5) bagaimana cara menghadapi globalisasi?

Tidak ada komentar: